Kamis, September 11, 2008

GONCANGAN YG KELUAR DARI DALAM

Lebaran telah terlewati beberapa bulan…Natal baru saja terlewati…Tahun baru…akan dijelang…akhir tahun yg penuh dengan cekaman…Per tanggal 26 december 2004, bencana alam tsunami terjadi di negeri kami, Indonesia.

Melihat & mendengar televisi/radio, membaca surat khabar yg terus bergulir masalah TRAGEDI TSUNAMI ACEH, MEDAN, serta NIAS sangat mengoncang Indonesia khususnya, belum lagi India, Sri Langka dan negara lainnya yg sangat menggoncang dunia. Luarrrr…r biasa bencana tsunami ini. Sangat menyedihkan!! Sangat mengharukan!!

Ketakutan, trauma, tangisan, duka, korban bergelimpangan di jalan-jalan, hancur luluh lantak berantakan dimana-mana. Banyak orang kehilangan saudara, teman/sahabat, orang tua, anak, harta benda, dan segalanya akibat dari musibah ini. Semua merasakan kehilangan yg sangat mendalam. Puing-puing bangunan, puing kapal, puing kayu, puing kehancuran tersebar di jalan-jalan yang menyebabkan susahnya para dermawan, sukarelawan, medis, bala bantuan tiba dengan leluasa di sana akibat dari bencana yg menghancurkan ini.

Tetapi sungguh luarrrrr…r biasa dengan kita, Warga Negara Indonesia saat ini, berbondong-bondong untuk melakukan suatu kegiatan sukarela untuk membantu dalam masalah ini baik dalam pengumpulan dana, pengumpulan sandang pangan, pengumpulan obat-obatan, dan pengumpulan lainnya, tanpa dipandu, tanpa mengenal suku, tanpa mengenal adat, tanpa mengenal agama, tanpa mengenal ras, serta tanpa mengenal antar golongan!Persatuan Indonesia tampak dan dirasakan dimana-mana, saling Gotong Royong melakukan kegiatan kemanusiaan bagi saudaranya yg mengalami musibah besar!!

Korban nyawa, habis harta, sandang pangan dan lainnya…Hati kita tergerak, kesadaran kita ditampar…Mengguncang hati, kesadaran kita tersentuh…Membantu sesama lewat tenaga, harta, serta doa adalah yg terbaik untuk dikirimkan…

Anda tentu ingat dengan lantunan lagunya ‘If we hold on together’…??Jika kita saling berpegangan tangan bersama, saling rangkul, saling membantu maka masalah akan sedikit membantu mereka…

Kau merasakan kehilangan, dan Kami semua turut kehilangan dan prihatin…Kau merasa sedih, dan Kami semua turut bersedih…Kau berduka saat ini, dan Kami semua turut berduka…Kau merasakan pedihnya hati, dan Kami semua turut merasakan kepedihan mu…Kau merasakan gelapnya sekeliling mu, dan Kami merasakan gelapnya hati mu…Kau merasakan guncangan dari dalam alam, dan Kami semua, merasakan guncangan dari hati yg paling dalam, saudara-saudara ku!!??

Anda semua, sahabat ku yg berada di Aceh, Medan, serta Nias, tidak sendiri dalam derita…!!??Masih ada Lilin2 yg akan terus bersinar, berpijar, menyengat di kesenyapan duka mu…

Tapi satu hal yg pasti bahwa inilah saatnya, inilah tonggaknya yg harus kita benahi bagi kita seluruh Warga Negara Indonesia, yg mempunyai latar belakang yg berbeda, untuk saling intropeksi, saling toleransi, saling perhatian, untuk saling membantu, untuk saling berbagi kasih, untuk selalu BERSATU!!

Secara manusia kita pasti sangat berduka karena kehilangan orang2 tercinta & saat ini Indonesia berduka cita atas kejadian alam yg terjadi di Aceh, Medan, & Nias.

Kau, Nangroe Aceh Darusalam, Medan, serta Nias, telah menggoncang hati kami semua…
by me (~ds)
~* gOrEsAn dUkA dan kEpEdIhAn *~
c.i.t / 29 december 2004

Tidak ada komentar: